Beban Hidup?

Catatan Seger Hasani

“Laa yukallifullooha nafsan illa wus’ahaa” : (Allah) tidak membebeni seseorang melainkan sesuai dgn kesanggupannya (Al-Baqoroh : 286) => ayat ini memang sangat sussaah dipahami apalagi diamalkan. Terlalu sering kita (seolah) memiliki masalah yg tak terpecahkan. Bgm Tuhan bs-bsnya bilang begitu??

Saya dan siapapun pasti pernah mengalami (bertanya) spt ini. Tapi saya ada sedikit tips untuk merenungkan makna ayat ini. Yang, sebenarnya ada pesan dibaliknya yang luar biasa. Alhamdulillah sudah aku buktikan. Semoga tidak salah.

Pertama, perlu dipahamkan bhw memang ada bbrp fakta masalah yg sebenarnya tdk bs kita atasi (terpaksa nggak percaya firman Allah ). Karena memahami ayat ini secara harfiah, banyak org berkeyakinan bhw tiap manusia pasti sanggup mengatasi masalahnya, hingga seluruh daya pikirnya dikerahkan utk mengatasinya. Hasilnya : gila.

Solusinya, anggap kita ini mmg bodoh, gpp deh masalahnya gak selesai. Tapi utk sementara waktu, pending dulu.. Kalo lagi bermasalah istri atau anak, ya menghilang atau pisah dulu sehari…

Lihat pos aslinya 171 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s