Adab Menuntut Ilmu

Kita prihatin tatkala menyaksikan perilaku kurang pantas para pelajar. Perilaku yang menyimpang dari ajaran akhlaqul karimah. Karena itu menuntut ilmu perlu diperhatikan beberapa adab yang sesuai dengan ajaran agama islam. Dalam kitab “Bidayatul Hidayah” Hujatul Islam Imam Al-Ghazali menjelaskan beberapa adab yang harus dipenuhi dalam menuntut ilmu dapat berhasil dan menjadi ilmu yang bermanfaat. Adab-adab tersebut adalah:

  1. Bila hendak menghadap guru atau berjumpa guru, maka berilah hormat dengan cara memberi salam terlebih dahulu.
  2. Jangan berbicara hal-hal yang tidak berguna di hadapan guru, apalagi jika pembicaraan itu tidak berkenan di hati guru.
  3. Jika bertanya jangan menyela pembicaraan guru tanpa minta izin, atau bertanya yang sifatnya menguji guru dengan memperlihatkan kepandaian sehingga ada perasaan dalam hatimu bahwa kamu lebih pandai dari gurumu. Bila guru berbuat kekeliruan maka peringatkan secara halus dan bijaksana, tidak dengan menentangnya.
  4. Jangan mengajak bercanda dan bersenda gurau dengan gurumu secara berlebihan.
  5. Jangan bertanya hal-hal yang tidak berguna, apalagi jika gurumu sedang banyak pikiran dan banyak pekerjaan.
  6. Jangan tegak dihadapan gurumu padahal dia senang duduk kalau tidak ada hal yang dikerjakan, atau berlaku tidak hormat lainnya, sehingga sikapmu tampak kurang ajar.
  7. Jangan mengajak gurumu bercakap-cakap di tengah jalan, atau bertanya suatu pelajaran di tempat yang kurang sopan dalam pandangan umum. Tapi datanglah menemuinya di rumah atau dimana saja tempat paling baik.
  8. Jangan buruk sangka terhadap guru. Barangkali ada perbuatan guru yang kamu anggap salah, maka bersabarlah kamu untuk memperoleh penjelasan darinya. Jangan terburu menyangkal. Jangan ulangi kesalahan Nabi Musa a.s. ketika berguru kepada Nabi Khaidlir, saat itu Nabi Musa a.s. tidak sabar menunggu penjelasan dari apa-apa yang telah diperbuat oleh Nabi Khaidlir.
  9. Jangan menghentikan langkah guru di tengah jalan hanya untuk hal-hal kecil yang tidak ada artinya.

Demikian bebebrapa adab yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan oleh murid terhadap gurunya. Adab-adab tersebut harus dilaksanakan agar ilmu yang diperoleh dan dipelajari dari guru bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan di dunia serta untuk kebahagiaan di akhirat kelak. Amin ya Rabbal Alamien.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s