Nasehat seorang ibu kepada putrinya

Ada nasehat yang sangat dalam, yang diambil dari wanita-wanita Arab. Nasehat itu adalah nasehat Ummamah binti harits sebagai putrinya, Ummu Iyas binti Auf, pada malam pernikahannya. Diantara nasehat-nasehatnya adalah:
nasehat seorang ibu kepada putrinya
“putriku, sesungguhnya engkau telah memisahkan dirimu dari “lingkungan” yang darinya engkau keluar. Engkau telahmeninggalkan kehidupan yang darinya engkau berkembang. Seandainya seorang perempuan tidak membutuhkan seorang suami, karena kecukupan dari kedua orangtuanya dan kebutuhan orangtua yang sangat pada anaknya, maka engkau menjadi orang yang sangat tidak membutuhkan suami. Namun wanita diciptakan untuk laki-laki dan baginya laki-laki tercipta”
Nasehat yang pertama dan kedua adalah ; Engkau rendah hati dengan senantiasa bersikap menerima dan, selalu mendengarkan dan taat padanya.
Nasehat yang ketiga dan keempat adalah ; Hendaklah engkau menjaga kebersihan sesuatu yang kepadanya hidung dan mata suami tertuju. Jangan sampai dia melihat kejelekan ada pada dirimu, dan jangan sampai ia menciummu kecuali engkau dalam keadaan sangat wangi.
Nasehat yang kelima dan keenam ; Hendaknya engkau selalu siapkan waktu tidur dan makan baginya. Karena kelaparan akan membuatnya garang dan kekurangan tidur akan membuatnya mudah marah.
Nasehat yang ketujuh dan kedelapan ; Hendaklah engkau menjaga hartanya, memelihara kehormatan dan putra-putrinya. Dapat mengurus harta adalah sebuah perhitungan yang baik dan dapat mengurus anak adalah kemampuan mengatur yang baik.
Nasehat kesembilan dan kesepuluh ; Janganlah engkau melanggar perintahnya. Janganlah engkau menyebar rahasianya. Jika engkau menentang perintahnya, makak membuat hatinya dongkol. Jika kau menyebar rahasiany, maka engkau tidak bisa menjaga kehormatannya.
Kemudian hendaklah engkau tidak tampak senang dihadapannya mana kala ia sedang sedih. Tidak pula engkau bersedih ketika ia dalam keadaan berbunga-bunga
Kebahagianmu bukan ditangan orang lain, tapi ditanganmu sendiri..

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s