PSIKOLOGI: Perilaku Orang Yang Kecanduan Agama Islam

Hariyanto Imadha: Psikologi Populer

FACEBOOK-PsikologiPerilakuOrangYangKecanduanAgamaIslam

AGAMA adalah pedoman perilaku. Bukan penentu perilaku. Bukan pengubah perilaku. Namun, agama juga  bisa menyebabkan manusia kecanduan. Bukan karena agama itu candu. Tetapi manusianya yang memperlakukan agama sebagai candu. Mungkin sengaja, mungkin juga tidak sengaja. Yang pasti, perilaku mempercandukan agama, terutama agama Islam bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan bisa menimpa siapa saja.

Apakah agama itu?

Betul, agama adalah pedoman perilaku. Bukan penentu perilaku. Bukan pengubah perilaku. Sebab, yang bisa mengubah perilaku adalah manusia itu sendiri. Manusia tak akan berubah perilakunya kalau tidak ada kemauan, tidak ada motivasi maupun tidak ada nawaittu. Tetapi, agama bisa merupakan stimulusnya.

Perilaku yang berlebihan

Sebetulnya, belajar agama itu baik-baik saja, apalagi kalau punya cita-cita ingin menjadi guru agama atau ulama Islam yang mumpuni. Tapi kalau berlebihan, tentu membawa perubahan yang cukup radikal dari caranya bernalar yang kemudian berubah pula kebiasaan dan perilakunya. Bahkan, sesudah berubah, sulit kembali ke perilaku aslinya. Kalau berubah…

Lihat pos aslinya 1.072 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s